Wednesday, December 16, 2020

Cara cepat mengatasi touchpad tidak berfungsi (klik kiri/klik kanan tidak berfungsi)

 

Cara cepat mengatasi touchpad tidak berfungsi (klik kiri/klik kanan tidak berfungsi)

Hai, kali ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang “cara menormalkan kembali touchpad yang tidak berfungsi”. Kesel gak sih, ketika menikmati pekerjaan atau brosing di google tiba-tiba touchpad laptop bermasalah khususnya bagian klik kanan dan kiri tidak bisa, sempat menduga-duga apakah mungkin komponen laptop rusak karena memang usianya sudah cukup tua.

            Penulis mencoba mencari referensi informasi terkait penyebab touchpad tidak berfungsi di google maupun di youtube. Banyak sekali penyebab yang membuat touchpad klik kanan dan kiri tidak berfungsi dengan baik salah satunya adalah virus.

            Setelah mengetahui penyebab tersebut, penulis langsung mencari cara mengembalikan sensivitas touchpad di Youtube, banyak sekali cara yang ditawarkan mulai dari diminta untuk restart atau shutdown sementara, hingga penghapusan beberapa software di directori. Namun semua cara tersebut tidak ada yang berhasil.

            Dua jam berlalu, sempat putus asa dan bermaksud menghubungi salah satu teman yang memang expert dibidangnya. Sebelum akhirnya memutuskan Kembali untuk mencari beberapa cara yang lain yang lebih jitu untuk permasalahan ini. Dan taraaaa….lagi lagi cara yang dicoba tidak berhasil. Ok masih tersisa kesabaran. Heheh, kebetulan  penulis adalah tipe yang tidak berhenti berusaha sebelum benar-benar mendapatkan solusinya jadi pencarian tetap berlanjut. Hingga akhirnya bertemu dengan salah satu channel yang memiliki nama “CITA (cinta ilmu tecnologi) dengan kunci nama unggahan “Cara cepat mengatasi touchpad tidak berfungsi, jalan sendiri, tidak bergerak atau klik kanan dan klik kiri tidak bisa”

Nah berikut ini saya bagikan caranya ya teman:

1.      Klik windows dan langsung saja ketik “device manager”

2.      Lalu, klik/enter icon “device manager”

3.      Setelah menu device manager terbuka, carilah icon/gambar mouse yang ada ditampilan “device manager” posisinya terletak dibawah, silahkan scroll menggunakn tombol panah bawah jika touchpad tidak berfungsi sama sekali atau untuk lebih memudahkan teman-teman dalam prosesnya silahkan gunakan mouse ya!

4.      Setelah itu, double klik di icon mouse dan klik kanan pada pilihan “Synaptics pointing device” lalu pilih “uninstall device”

5.      Setelah itu akan muncul pilihan restart, pilih “ok”.

6.      Sekarang Touchpad anda akan Kembali normal.

Selamat mencoba teman-teman. Perlu diperhatikan ya! 6 langkah yang penulis tulis diatas adalah untuk merk laptop Lenovo. Kemungkinan caranya berbeda disebagian laptop merk lain. Tapi silahkan dicoba dahulu ya.

Jika ada pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar. 😊



No comments:

Post a Comment