Tuesday, December 29, 2020

Cara menghafal dengan mudah


 

Hi teman-teman kali ini penulis akan mengulas bab tentang kemampuan menghafal dalam buku “ Super Speed Reading” dan  berbagi informasi tentang cara cepat menghafal yang  ditulis oleh Bpk. Irwan Widiatmoko. Mungkin dari kita belum mengetahui tentang buku ini maupun hal istimewa yang terdapat didalamnya, yaitu  cara mudah menghafal dengan metode SGM, SGM disini bukan susu gula manis  ya melainkan sebuah metode unik yang membuat kita lebih enjoy dan tidak galau dalam mempraktikkannya.

 “Super Great Memory (SGM) ” adalah metode lengkap dan praktis untuk melejitkan daya ingat berdasarkan cara kerja otak yaitu otak kiri dan kanan. Dalam buku disebutkan seorang ilmuwan menemukan bahwa otak manusia terdiri dari dua belahan yaitu otak kanan dan kiri,seorang ilmuwan mengatakan seandainya  10 informsi dimasukkan kedalam otak manusia setiap detik hal ini tidak lantas membuat otak manusia terisi sepenuhnya. Ini menunjukkan ternyata kapasitas otak manusia sungguhh luar biasa. Sebenarnya otak manusia potensial untuk mengingat sesuatu meskipun beberapa dari kita sering memberi label pelupa sebelum mencoba beberapa cara untuk meransang kemampuan otak yang telah disampaikan oleh beberapa ilmuwan.

                Metode SGM menjadi salah satu hal yang perlu dicoba untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mengingat atau menghafal. Cara ini sebenarnya sudah sering penulis praktikkan sebelum akhirnya mengetahui bahwa cara-cara unik ini ternyata telah diformulasikan dalam sebuah metode oleh para founder salah satunya terangkum dalam buku Super Speed Reading yang ditulis oleh Irwan Widiatmoko seorang trainer pemegang rekor utama MURI (daya ingat)  pada tahun 2020.

                Dalam Super Great Memory ada beberapa teknik untuk meningkatkan daya ingat diantaranya, SGM Story, SGM Nbemonic dan SGM Location. Nah, sekarang kita akan membahas SGM Story terlebih dahulu. SGM Story merupakan teknik dasar dari semua metode SGM teknik ini bermanfaat untuk mengingat sejumlah informasi sederhana dengan membuat cerita imajinasi antar informasi yang ada misalnya pada contoh yang disajikan oleh trainer dibawah ini:

Hafalkan beberapa susunan kata dibawah ini degan baik dan benar dalam waktu 2 menit sesuai urutan!

Bakso                                    Kacamata           

Sepeda                                 Barbel  

Dinosaurus                         Rambutan

Buaya                                    Handphone

Jam                                        Kaos

Bagaimana, apakah teman-teman mampu menghafal 10 kata diatas dengan susunan yang benar sesuai urutan? Jika belum bisa, tidak perlu bersedih atau menepuk jidat sebagai ekpresi kekesalanmu, cukup tarik beberpa centi bibirmu dan  tersenyumlah atau silahkan tertawa kecewa untuk tetap menghargai kegagalanmu. Hahaha.

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa menghafal atau kesulitan dalam membangun suasana fokus dalam dirinya, hal ini akan menjadi kendala saat menghafal. Maka dalam metode SGM Story ini Irwan Widiatmoko mencoba menawarkan solusi menghafal dengan tekni story yang imajinatif.  Artinya kita diminta untuk membuat cerita imajinasi dari kata-kata yang hendak dihafal.

Berikut teknik menghafal dengan merangkai 10 kata diatas kedalam cerita !




pada bagian ini kita diajak untuk menggabungkan 10 kata yang sudah ada dengan kata-kata tambahan untuk membentuk cerita imajinasi yang utuh!







 

 

 

 

 

 

 

 

Ada Bakso naik Sepeda, terus nabrak Dinosaurus yang sedang lewat braakkk!!! Eeeh ternyata Dinosaurusnya jatuh cinta sama Buaya, Buayanya keren karena pakai Jam dan Kacamata, biar badannya oke dia main Barbel lalu tiba-tiba Barbelnya dilempar ke pohon Rambutan, sungguh ajaib! Rambutan jatuh jadi Handphone, beli handphone Kaos”.

                Nah, sekarang coba baca dan diulang sebanyak dua kali, lalu cobalah untuk mengingat kembali beberapa kata secara urut melalui rangkaian cerita diatas. Metode SGM Story ini cukup ampuh menyita perhatian otak kita dalam menghafal. Dan penulis sendiri telah berulang kali mempraktikkannya dan cukup memberikan hasil. Selain metode SGM dasar yang telah dijelaskan, dua metode terakhir yaitu SGM Nbemonic dan SGM Location juga bisa dipraktikkan. Namun dalam kesempatan ini penulis hanya menulis metode pertamanya terlebih dahulu, semoga ada kesempatan kembali untuk mengulas dua metode terakhir dilain waktu. Teman-teman beberapa penjelasan tentang Super Great Memori diatas selebihnya bisa diakses melalui buku “Super Speed Reading” yang ditulis oleh Irwan WIdiatmoko, ST., CH., CHt., NLP Pract.

 

Semoga bermanfaat!

Email: Azizahprolign@gmail.com

Twiter: @Azizah79278653

 


No comments:

Post a Comment